godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , November 24 2020
Home / Peristiwa / Sungai Meluap, 3 Rumah Roboh Dan 50 Rumah Di Muara Enim Terendam Banjir
Salah satu rumah warga Desa Ujanmas Baru, yang roboh akiabat banjir. Kamis (29/10/2020)

Sungai Meluap, 3 Rumah Roboh Dan 50 Rumah Di Muara Enim Terendam Banjir

MUARA ENIM, NusantaraPosOnline.Com-Hujan deras disebagian wilayah Kabupaten Muara Enim yang terjadi sejak Kamis (29/10/2020) pukul 24.00 WIB, mengakibatkan  aliran anak Sungai Mapur di Dusun VI Desa / Kecamatan Ujanmas Baru, Kabupaten Muara enim, Sumatra selatan (sumsel) meluap. Akibatnya, 3 rumah roboh dan sedikitnya 50 rumah penduduk terendam banjir.

Rumah warga Desa Ujanmas Baru, yang terendam banjir. Kamis (29/10/2020)

Banjir melanda Dusun VI Desa Ujanmas baru, Kecamatan Ujanmas baru. Warga setempat Salihudin, mengatakan, banjir terjadi secara mendadak sekitar pukul 01.30 dini hari. Karena derasnya air masuk pemukiman membuat sejumlah barang milik warga yang ada didalam rumah hanyut tidak bisa diselamatkan.

“Curah hujan yang cukup lebat mengguyur wilayah Kabupaten Muara Enim. Menyebabkan aliran anak sungai Mapur yang ada di Dusun VI desa Ujanmas Baru, tak mampu menampung debit air yang tinggi, sehingga air meluap merendam puluhan rumah warga Dusun VI Desa Ujanmas baru. Ketingian air yang merendam rumah-rumah penduduk mencapai 1,5 meter.” Kata Salihudin.

Salihudin menambahkan, akibat bajir tesebut 3 rumah warga robon, dan sekitar 50 rumah terendam air. “Atas kejadian ini ia, kami berharap Pemerintah Kabupaten Muara Enim dapat segera memberikan bantuan terhadap korban, karena para korban banjir belum memiliki tempat pengungsian.” Imbuhnya.

Terkait hal tesebut Koordinator Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim Edi Ramlan mengatakan, pihaknya telah menurunkan 10 personel dengan satu perahu karet serta bekerjasama dengan Tim dari BPBD Muara Enim dengan 20 personel dan dua perahu fiber untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang menjadi korban banjir.

Salah satu rumah warga Desa Ujanmas Baru, amblas akiabat banjir. Kamis (29/10/2020)

Bahkan saat tiba di lokasi tim sempat melakukan evakuasi kepada warga, diantaranya warga yang terkena stroke satu orang, dan ibu-ibu hamil dua orang. Saat ini para korban telah dievakuasi ke rumah keluarga korban, yang tidak terkena dampak banjir.

“Akibat kejadian ini, empat rumah mengalami rusak parah. Empat rumah tesebut amblas bukan karena terjangan arus air. Karena terendam air pondasi bangunan menjadi gembur oleh terkena arus air sehingga menyebabkan rumah tersebut amblas dan roboh.” terangnya.

Menurut Edi, berdasarkan keterangan dari camat Ujamas baru, sedikitnya ada 50 rumah yang terendam banjir, dan warga yang terdampak banjir mencapai 50 KK. Namun tidak ada korban jiwa. (Jun)

Check Also

Gatot Brajamusti Tewas Saat Jalani Hukuman Bui

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Kabar duka kali ini datang dari Terpidana kasus narkoba dan kepemilikan senjata api, Gatot Brajamusti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!