Ekobis  

Pemkot Surabaya Mulai Salurkan BLT Permakanan Rp 200 Ribu

Warga penerima BLT permakanan di Surabaya. Kamis (4/1/2024). (Foto: Dok Diskominfo Kota Surabaya)

SURABAYA, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) program permakanan senilai Rp 200 ribu kepada 109 warga di Kecamatan Pabean Cantian, Kamis (4/1/2023).

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, bahwa BLT permakanan merupakan peralihan dari Program Permakanan di tahun 2023, yang kini disalurkan secara tunai.

“Penerima manfaat BLT merupakan warga yang sebelumnya menerima bantuan permakanan dari pemkot setempat. Per bulan, mereka dapat Rp200 ribu. Sementara untuk kecamatan lainnya, akan diserahkan secara bertahap.” Ujarnya. Kamis (4/1/2023).

Anna menandaskan, bagi masyarakat yang sudah menerima BLT, sambungnya, tidak boleh menerima bantuan sosial (bansos) dalam bentuk lainnya, sesuai arahan dari KPK dan BPK.

“Jadi penerima BLT permakanan pada tahun 2024 ini tidak ada yang menerima bansos ganda, seperti PKH atau BPNT dari pemerintah pusat,” Terangnya.

Dinsos mencatat, total penerima BLT yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya sebanyak 8.310 orang.

Rinciannya, penerima bantuan permakanan yang dialihkan ke BLT sebanyak 1.045 orang, serta hasil pendataan lanjutan 7.265 orang keluarga miskin (gamis).

“Dalam perjalanannya kami update data, ada keluarga miskin baru dan mereka belum dapat sebelumnya,” ujarnya.

Anna mengatakan mereka tersebar di 31 wilayah kecamatan se-Kota Surabaya. BLT akan diberikan selama 12 bulan atau satu tahun penuh.

“Sehingga nanti di Surabaya tidak ada keluarga miskin yang tidak mendapatkan intervensi bantuan sosial,” lanjutnya.

Selain penyaluran langsung di lokasi yang sudah ditentukan, petugas Dinsos juga melakukan langkah jemput bola.

“Misalnya ada yang sakit atau kondisinya tidak memungkinkan datang, maka kami kirim ke rumahnya,” Katanya.****

Editor : AGUS W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!