godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Kamis , Januari 21 2021
Home / Pemerintah / Penyerahan Sertifikat Program PTSL Tahap II Di Desa Tengaran Jombang
Bupati Jombang, Hj Munjidah wahab, menyerahkan secara simbolis sertifikat program PTSL kepada perwakilan warga desa Tengaran. Selasa (29/12/2020)

Penyerahan Sertifikat Program PTSL Tahap II Di Desa Tengaran Jombang

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa Tengaran Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang, bersama kantor Kementrian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Jombang kembali melaksanakan pembagian sertifikat tanah hasil program PTSL tahun 2020, kepada warga desa Tengaran. Selasa (29/12/2020)

Pembagian sertifikat dilaksanakan dipendopo kantor desa setempat. Jumlah sertifikat yang dibagikan pada tahap II ini sejumlah 550 bidang.

Kepala Kantor ATR/BPN Jombang, Tutik Agustiningsih, menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL kepada perwakilan warga desa Tengaran Selasa (29/12/2020)

Acara tersebut dihadiri, Bupati Jombang, Hj Munjidah Wahab; Kepala ATR/BPN Jombang Tutik Agustiningsih; Sekertaris daerah Kabupaten Jombang Akhmad Jazuli, Forkopimcam Peterongan, Kades Tengaran Khusairi, dinas terkait, dan warga penerima manfaat program PTSL.

Kepala kantor ATR / BPN Kabupaten Jombang, Tutik Agustiningsih, dalam sambutanya menyampaikan bahwa pembagian sertifikat PTSL hari ini adalah pembagian tahap dua. “Sebanyak 550 sertifikat tanah program yang diserahkan kepada warga desa Tengaran hari ini.” Kata Tutik.

Tutik menjelaskan,  di desa Tengaran terdapat  1.238 bidang tanah yang diajukan melalui program PTSL. Dari jumlah tersebut sudah dibagikan tahap pertama sebanyak 665 sertifikat, dan pembagian tahap dua hari ini sebanyak 550 sertifikat. Dan kekuranganya akan dibagikan tahun 2021.

Sekda Kabupaten Jombang Akhmad Jazuli, menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL kepada perwakilan warga desa Tengaran. Selasa (29/12/2020)

Menurut Tutik, program PTSL yang populer dengan istilah sertifikat tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. “Disamping itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan  sertifikat tersebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.” Ujanya.

Tutik juga Menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan program ini dan pembagian sertifikat tanah pada masyarakat, kedepannya para warga masyarakat akan memperoleh jaminan kepastian dan perlindungan hukum hak atas tanah rakyat secara adil dan merata.

Bupati Jombang, Hj Munjidah wahab, dalam sambutanya, antara lain menyampaikan terima kasih kepada pihak ATR / BPN Jombang, yang telah bersenergi dengan pemkab Jombang, dalam melaksanakan program PTSL. Sehingga pelaksanaan program  yang sangat membantu masyarakat ini bisa berjalan lancar.

Camat Peterongan Sholahuddin menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL kepada perwakilan warga desa Tengaran. Selasa (29/12/2020)

Bupati juga menjelaskan, belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah sering kali memicu terjadinya sengketa atas tanah lahan di berbagai wilayah di Indonesia. Selain di kalangan masyarakat, baik antar keluarga, tak jarang sengketa lahan juga terjadi antar pemangku kepentingan (pengusaha, BUMN dan pemerintah). “Hal ini membuktikan pentingnya sertifikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki.  Hal ini menjadi pokok perhatian pemerintah. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program PTSL.  Jadi program PTSL ini bagus sekali. Dan Pemkab Jombang Sangat mendukung program PTSl ini, karena program ini sangat membantu dan bermanfaat bagi warga.

”Saya berpesan kepada warga desa Tengaran, yang sudah menerima sertifikat simpanlah baik-baik sertifikat bapak dan ibu, agar jangan sampai jatuh kepihak lain yang tidak bertangung jawab.” Kata Munjidah.

Kades Tengaran H Khusairi, menyerahkan secara simbolis sertifikat PTSL kepada perwakilan warga desa Tengaran. Selasa (29/12/2020)

Sementara itu Kades Tengaran, Khusairi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak ATR/BPN Jombang, dan Pemkab Jombang, yang sudah memberikan bantuan program PTSL kedesa Tengaran. Bantuan PTSL ini sangat meringankan beban dan memberi kemudahan masyarakat untuk memiliki sertifikat tanah.

“Metode pendaftaran atau penyertifikatan tanah PTSL sangat cepat, sebagai contoh dalam tahun 2020 ini di desa Tengaran sudah 1.215 bidang tanah yang sertifikatnya sudah dibagikan kepada warga. Artinya proses penyertifikatan tanah melalui PTSL ini sangat cepat dan tidak dipungut biaya oleh ATR/BPN. Jadi ini sangat membantu masyarakat.” Kata Khusairi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana persiapan PTSL didesa Tengaran, yang telah bekerja keras membantu agat PTSL di Desa Tengaran bisa berjalan lancar.”  Kata Khusairi.

Usai acara sambutan, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat tanah PTSL secara simbolik yang dilakukan Bupati Jombang Hj Munjidah wahab;  Kepala ATR/BPN Jombang Tutik Agustiningsih, Sekda Jombang Akhad Jazuli, Camat Peterongan Sholahuddin, Kades Tengaran H Khusairi, kepada perwakilan warga Desa Tengaran penerima sertifikat PTSL.

Suasana penyerahan sertifikat tanah PTSL tahap dua di Desa Tengaran. Selasa (29/12/2020)

Selanjutnya baru sertifikat dibagikan kepada warga. Acara ini berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan, dimana orang yang hadir keacara itu, wajib mengunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak. (Ris/Snt)

Check Also

Perkuat Jalan Desa, Pemdes Kepuhdoko Jombang Bangun TPT

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Kepuhdoko, Kecamatan Tembelang, Jombang, Jawa timur, bangun Tembok Penahan Tanah (TPT) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!