godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Pemerintah / Percantik Desa, Pemdes Kebonagung Jombang Bangun Gapura Di 3 Titik
Suasana kekompakan Kades Kebonagung Yeni Anang S, ST, MT (tengah) bersama perangkat desanya. Berpose bersama dikantor desa setempat.

Percantik Desa, Pemdes Kebonagung Jombang Bangun Gapura Di 3 Titik

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah Desa (Pemdes) Kebonagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus melakukan pembangunan perbaikan sarana dan prasarana umum di desa setempat.

Misalnya tahun ini Pemdes Kebonagung membangun infrastruktur desa berupa pembangunan  Gapura batas desa, dan gapura batas Dusun yang dibiayai dari program Bantuan keuangan khusus (BKKhusus) dari APBD Jombang tahun 2021.

Kepala Desa (Kades) Kebonagung Yeni Anang S,ST,MT, mengatakan tahun ini Pemerintah desa Kebonagung, yang ia pimpin membangun gapura sebanyak 3 (tiga) titik atau tiga tempat.

Bangunan gapura di Dusun Rejomulyo, yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari BKK tahun 2021. Kamis (2/9/2021)

“Jumlah gapura yang dibangun tahun ini sebanyak 3 titik, yakni satu 1 titik dipusatkan di pintu gerbang keluar masuk desa Kebonagung. Dan yang 2 titik berlokasi di dusun Rejomulyo. Pembangunan 3 titik gapura ini total menghabiskan anggaran Rp 100 juta. Yang bersumber dari program BKKhusus atau dari APBD Jombang tahun 2021.” Kata Anang. saat ditemui NusantaraPosOnline.Com di ruang kerjanya. Kamis (2/9/2021).

Lebih lanjut Anang menjelaskan, pengerjaan dimulai pada Juli 2021 dan saat ini September bangunan sudah selesai 100 persen. Pengerjaan dilaksanakan oleh Tim pengelola kegiatan (TPK) desa setempat. Dan dikerjakan dengan skema Padat karya tunai (PKT) dalam artian tenaga kerja diambilkan dari warga setempat. Sebagai wujud pemberdayaan masyarakat setempat.

“Gapura bisa menjadi simbol desa, dan tanda perbatasan desa Kebonagung dengan desa tetangga, juga tanda batas antar dusun. Dengan dibangun gapura, otomatis desa semakin ‘cantik’. Pembangunan 3 titik gapura ini, merupakan hasil usulan warga. Yang diusulkan melalui Musyawarah desa (Musdes). Jadi pembangunan ini juga diharapkan masyarakat. Makanya, pembangunan ini mendapat sambutan antusias dari warga.” Ujar Anang.

Bangunan gapura didusun Rejomulyo, yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari BKK tahun 2021. Kamis (2/9/2021)

Menurut Anang, pembangunan gapura tersebut dimaksudkan untuk penataan lingkungan dan memperindah tata letak desa. Selain itu pembangunan gapura desa tersebut merupakan program kerja pembangunan Desa. “saya berharap pembangunan Gapura tersebut, bisa membawa manfaat maksimal dan bisa menambah keindahan lingkungan.” Tutur Kades Kebonagung.

Ditempat terpisah ketua TPK desa Kebonagung, Sumber, mengatakan, pelaksanaan pembangunan Gapura, yang dibangun dari BKK tahun 2021, pelaksanaanya berjalan lancar dan selesai tepat waktu dan tepat mutu. Bangunan itu, sudah berhasil diselesaikan 100 persen, dan saat ini sudah dapat dirasakan keindahannya oleh warga.

“Pelaksanaan pembangunan Gapura berjalan lancar, berkat kerjasama yang baik, dan kekompakan TPK, Pemdes, BPD setempat, dan dukungan dari warga.” Kata Sumber.

Ia menambahkan, pelaksanaan proyek Pembangunan Gapura, kita kerjakan sesuai RAB yang sudah dibuat. Tak hanya itu pihaknya juga mengedepankan kualitas atau mutu hasil pekerjaan. Agar bangunan bisa kuat, penggunaan bangunan juga bisa lama. Imbuhnya.

Bangunan gapura didesa Kebonagung, yang sudah selesai dikerjakan. Dibiayai dari BKK tahun 2021. Kamis (2/9/2021)

Didik (35)  salah seorang warga dusun Rejomulyo, ia menyambut baik pembangunan gapura tersebut. dikatakan Didik, bahwa pembangunan gapura tersebut merupakan bentuk konsistensi Pemerintah Desa Kebonagung dalam meningkatkan pembangunan infrastuktur.

“Pembangunan Gapura bukan semata-mata bangunan fisik yang diartikan sebagai pintu gerbang, tanda desa atau kampung. Menurut tradisi, gapura merupakan wujud ungkapan selamat datang yang familiar, ramah, welcome. Gapura mewakili keramahan dan rasa hormat tuan rumah kepada setiap orang atau tamu yang datang.” Ujarnya. (ris/sin)

Check Also

Bupati Jombang Lantik Pj Sekda Dan 133 Pejabat Lainya

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, lantik Penjabat Sekda dan 133 Pejabat dilingkup Pemerintah Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!