godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , Mei 29 2020
Home / Pemerintah / Rintis Wisata Sendang Menco Dan Waduk Gondang Pemdes Sumbergondang Bersinergi Dengan Perhutani
RINTIS DESA WISATA : Waduk atau Embung Gondang yang akan dijadikan tempat wisata oleh Pemdesa Sumbergondang

Rintis Wisata Sendang Menco Dan Waduk Gondang Pemdes Sumbergondang Bersinergi Dengan Perhutani

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Pemerintah desa Sumbergondang, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa timur, bersinergi denganPerhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto, untuk mengembangkan Desa Wisata Sendang Menco dan Waduk Gondang.

Hal tersebut dilakukan untuk mengali potensi wisata yang ada didesa Sumbergondang. Untuk Penopang inovasi perkonomian masyarakat Bumdes kedepan, dan agar tercapai kemakmuran berkesinambungan.

Kepala desa Sumbergondang, Sunarto, mengatakan kami dari pihak pemerintah desa Sumbergondang, memohon izin kepada pihak Perhutani, untuk mengelola Sendang Menco dan Waduk Gondang, yang berlokasi di embung desa Sumbergondang, untuk dijadikan tempat wisata.

“Kami melihat Sendang Menco dan Waduk Gondang, ada potensi untuk dijadikan destinasi wisata. Oleh karena itu kalau sudah mendapatkan izin dari Perhutani, Pemdes Sumbergondang, akan segera membangun dan menjadikan tempat tersebut sebagai destinasi wisata di daerah utara Brantas. Tujaanya untuk memajukan desa dan untuk memajukan Badan usaha milik desa (Bumdes), sekaligus untuk mensejahterakan warga, khususnya.” Kata Sunarto.

Sunarto juga menjelaskan, untuk mewujudkan Desa Wisata ini, pada tanggal 10 Maret 2020 lalu, Pemdes Sumbergondang sudah pernah melaksanakan rapat lintas sektoral di Balai Desa Sumbergondang, yang dihadiri oleh  KPH Mojokerto, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Agung Desa Sumbergondang LMDH,  Konsultan Perencana dari dinas PUPR, Camat Kabuh, Polsek, Koramil, dan tokoh masyarakat.

“Dalam rapat lintas sektoral tersebut intinya kami memohon izin kepada pihak Perhutani agar  Desa sumbergondang, diizinkan mengelola dan membangun Sendang Menco dan Waduk Gondang untuk dijadikan distinasi wisata. Dalam rapat tersebut pihak Perhutani, Camat Kabuh, menyatakan sangat mendukung rencana ini. Saat ini kami Pemerintah desa menunggu Izin dari Perhutani, dan dinas terkait, untuk mewujudkan ini kami juga menunggu arahan-arahan dari lembaga tersebut.” Ucap Sunarto. 

Menurut Sunarto, usai rapat lintas sektoral tersebut, kami langsung bersama-sama meninjau lokasi Sendang Menco dan Waduk Gondang yang akan kita jadikan destinasi wisata.

“Jadi Sekarang kami menunggu izin dan arahan dari Perhutani, pihak terkait lainya. Kalau sudah ada kepastian izin dari perhutani, Pemdes Sumbergondang, akan segera melaksanakan rencana untuk membangun Desa Wisata Sendang Menco dan Waduk Gondang. Jadi saya berharap agar cepat dapat kepastian izin dari Perhutani dan dinas terkait.” Terangnya. (Snt/Ris)

Check Also

Pemdes Jogoroto Salurkan BLT Rp 600 Ribu Dari Dana Desa, Kepada 148 KK

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Untuk membantu perekonomian masyarakat di tengah pendemi Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Jogoroto, Kecamatan Jogoroto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!