godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Rabu , November 20 2019
Home / Hukrim / Terima Suap Eks Direktur PT Krakatau Steel Dituntut 2 Tahun Penjara

Terima Suap Eks Direktur PT Krakatau Steel Dituntut 2 Tahun Penjara

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Eks Direktur Produksi dan Teknologi Krakatau Steel, Wisnu Kuncoro, yang merupakan terdakwa kasus suap proye, dituntut hukuman dua tahun penjara oleh Jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain pidana pokok, Wisnu juga dituntut membayar denda Rp100 juta subsidair 3 bulan kurungan.

Jaksa berkeyakinan Wisnu Kuncoro terbukti bersalah karena menerima suap sebesar Rp156 juta dari ‎Direktur Utama PT Grand Kertech, Kenneth Sutardja dan Direktur PT Tjokro Bersaudara, Kurniawan Eddy Tjokro.

“Menuntut majelis hakim agar menyatakan terdakwa Wisnu Kuncoro terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah secara bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi,” kata jaksa KPK M Asri saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2019).

Jaksa membeberkan, Wisnu menerima uang Rp156 juta dari Kenneth Sutardja dan Kurniawan Eddy Tjokro. Uang tersebut diterima melalui perantara bernama Kurnia Alexander Muskitta.

Jaksa menduga uang tersebut diberikan ke Wisnu untuk memuluskan keinginan Kenneth terkait persetujuan proyek pengadaan dua unit boiler kapasitas 35 ton senilai Rp 24 miliar.

Jaksa juga meyakini uang tersebut diberikan agar Wisnu menyetujui proyek PT Tjokro Bersaudara dalam pengadaan pembuatan dan pemasangan dua unit Spare Bucket Wheel Stacker/Reclaimer Primary Yard dan Harbors Stockyard yang keseluruhannya bernilai Rp13 miliar di PT Krakatau Steel.

‎Secara terpisah, Jaksa juga menuntut Alexander Muskitta pada hari ini. Pihak yang diduga sebagai peratara suap tersebut dituntut tiga tahun penjara dan denda sebesar Rp100 juta subsidair tiga bulan kurungan.

Atas perbuatannya, Wisnu Kuncoro dan Kurnia Alexander Muskita dianggap bersalah karena melanggar Pasal 11 Undang-Undang Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana, juncto Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.‎ (Bd)

Check Also

KPK Tahan Bos Dealer Mobil Mewah Darwin Maspolim, Terkait Kasus Restitusi Pajak

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Bos deler mobil mewah Darwin Maspolim, ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam kasus dugaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *