godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Jumat , November 27 2020
Home / Peristiwa / Wujudkan Syukur, Warga Desa Ngusikan Jombang Gelar Sedekah Bumi
Kades Ngusikan Sutikno Hadi, memberikan sambutan diacara sedekah bumi, Dusun Jinggring, desa Ngusikan. Kamis (13/8/2020)

Wujudkan Syukur, Warga Desa Ngusikan Jombang Gelar Sedekah Bumi

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Tradisi budaya sedekah bumi bagi masyarakat Dusun Jinggring, desa Ngusikan Kecamatan Ngusikan, Jombang Jawa timur, masih terjaga dan tetap dilakukan warga setiap setahun sekali.

Kali ini kegiatan tradisi sedekah bumi tahun 2020 kembali dilaksanakan lagi pada hari ini Kamis legi (13/8/2020). Ritual sedekah bumi ini digelar di salah satu sumur Gede, atau disebut Punden desa sebagai penghormatan terhadap leluhur.

Dalam rangkaian acara sedekah bumi terdapat empat acara pokok, Pertama pembukaan, Kedua Sambutan dari Kades Ngusikan Sutikno hadi, sambutan Camat, Polsek, dan Koramil, Ketiga acara Doa dan Tahlil, dan ke Empat acara kenduri dan makan bersama. Dipenghujung acara rutin diadakan acara Nayup / Tayupan bersama untuk membangun kebersamaan dan kerukunan, antar warga.

Acara sedekah bumi Dusun Jinggring, Desa Ngusikan. Kamis (13/8/2020)

Tradisi tayupan atau Nayub merupakan tradisi tari yang berakar dari semangat kebersamaan dan kerukunan hidup. Tayub Guyub adalah menari yang dipandu semangat guyub rukun berkumpul sebagai sedulur (saudara). 

Kepala Desa (Kades) Ngusikan, Sutikno Hadi mengatakan kegiatan tradisi sedekah bumi ini dilaksanakan warga dusun Jinggring secara turun-temurun dan dilaksanakan setiap tahun. Secara umum adalah sebagai bentuk rasa syukur warga atas karunia alam yang diberikan tuhan.

“Sedekah bumi, ini semacam simbul mewujudkan rasa syukur, serta penghargaan terhadap alam sebagai karunia yang sangat besar diberikan sang pencipta Allah SWT, kepada masyarakat.” Tutur Sutikno. Diacara sedekah bumi, dusun Jinggring. Kamis (13/8/2020)

Suasana sedekah bumi Dusun Jinggring, Desa Ngusikan. Kamis (13/8/2020)

Dalam pelaksanaannya warga bergotong royong dengan kompak penuh kebersamaan, yang ditunjukan dengan membawa berbagai aneka macam makanan hasil bumi dalam kegiatan sedekah bumi.

“Gotong royong dan kekompakan dan kebersamaan warga dusun Jinggring, desa Ngusikan, seperti ini haruslah kita pertahankan. Saya berharap semoga warga desa Jinggring, diberi keselamatan, kesehatan, dilindungi dari balak, serta dimurahkan rizki, para petani mendapat panen yang melimpah oleh Allah SWT.  Dan desa Ngusikan lebih maju, serta sejahtera,” Tuturnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Ngusikan Wahyu Purnomo SH, MSi, Kapolsek, dan Danramil Kecamatan Ngusikan.

Dalam sambutan Camat Ngusikan, Wahyu Purnomo SH, MSi, ia menyatakan apresiasi atas kebersamaan warga dalam menjalin persatuan, kerukunan, sehingga dapat terwujud mempertahankan budaya leluhur kegiatan tradisi sedekah bumi yang sudah puluhan tahun secara turun-temurun.

Acara sedekah bumi Dusun Jinggring, Desa Ngusikan. Kamis (13/8/2020)

Pada kesempatan itu, Purnomo juga menghimbau warga agar selalu memakai masker jika diluar rumah, rajin cuci tangan. Sesuai slogan “Gerakan Jatim Bermasker”

Selain itu ia juga berharap warga terus menjaga dan melestarikan tradisi yang memiliki nilai-nilai berbasis budaya yang luhur ini.

Dipenghujung acara, untuk memeriahkan acara sedekah bumi tesebut digelar acara Nayup / Tayupan bersama yang menghadirkan musik tradisional campur sari ‘Puncak Wangi’ asal desa Ngusikan. Acara tersebut cukup hikmat dan meriah. (Ris/Snt)

Check Also

Warga Lamongan Ditemukan Tewas Dikamar Hotel Red Planet Surabaya

SURABAYA, NusantaraPosOnline.Com-Warga Jl Arjuno, Kota Surabaya geger menyusul ditemukanya, Fitri Riski Yani (27) dalam kondisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!