Hasbi Hasan Ditahan KPK, KY : Seleksi Sekretaris dan Peran Banwas MA Perlu Penguatan

Sekretaris Mahkamah Agung RI, Dr H Hasbi Hasan MH.

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Juru Bicara Komisi Yudisial (KY) Miko Ginting menyampaikan pihaknya menghormati langkah-langkah penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK. Hal itu terkair pengembangan dugaan korupsi pengurusan perkara oleh Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Hasbi Hasan (HH).

Menurut Miko, sejak awal, KY mendorong dan mendukung KPK untuk berfokus pada persoalan korupsi di sektor peradilan (judicial corruption).

“Terkait dengan tugas KY, sekalipun HH menjabat posisi struktural sebagai Sekretaris MA, tetapi yang bersangkutan menyandang status sebagai hakim. Dengan demikian, sesuai dengan kewenangan yang dimiliki, KY akan melakukan pemeriksaan etik terhadap yang bersangkutan,” kata Miko melalui keterangan resminya, Kamis (13/7/2023).

BACA JUGA :

Meski demikian, KY akan melakukan pemeriksaan etik yang akan dilakukan nanti untuk menghormati dan memberikan ruang bagi KPK untuk bekerja.

“KY berpandangan MA cukup responsif dalam situasi ini. Untuk itu, KY mendukung semua langkah-langkah pembenahan yang dilakukan oleh MA. KY bertanggung jawab untuk memberikan dukungan dan berkontribusi pada upaya pembenahan itu,” ujarnya.

Selain itu, Miko menambahkan, meski sama-sama berstatus unit kerja Eselon I dengan Sekretaris MA peran pengawasan Badan Pengawasan MA perlu diperkuat. Baik dari struktur, anggaran, maupun dukungan politis,” katanya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!