Jombang Wakil Jatim Raih Juara Favorit 1 Lomba Masak Ikan Tingkat Nasional

Kabupaten Jombang mewakili Jatim berhasil meraih juara favorit 1 dalam ajang lomba masak serba ikan tingkat nasional, dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional Tahun 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kabupaten Jombang mewakili Jawa Timur berhasil meraih juara favorit 1 dalam ajang lomba memasak serba ikan tingkat nasional pada peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) Tahun 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Adapun juara favorit 1 yang diraih adalah untuk kategori produk olahan keluarga. Jatim berhasil meraih juara usai menyajikan beberapa menu produk olahan yakni menu keluarga, menu balita dan menu kudapan.

Untuk menu keluarga, olahan yang dimasak adalah ikan bandeng yang dikemas menjadi ‘Gabalodang’ (gado bandeng gulung sambel podang). Sementara untuk menu balita, ada pelangi bahari dan untuk menu kudapan yakni Sawitri Bakar (Sawut Ikan Gurami Tanpa Duri).

Piala juara Favorit 1 diserahkan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono kepada Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak.

Atas prestasi tersebut, Arumi Bachsin Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur yang juga Ketua Forikan Jatim secara khusus mengapresiasi kerja keras dan kegigihan dari para peserta yang mewakili Jawa Timur dalam ajang Lomba Masakan Ikan tingkat Nasional. Yakni Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk dan Kota Blitar.

“Alhamdulillah saya senang sekali. Saya ucapkan terimakasih untuk Kabupaten Nganjuk, Kota Blitar dan Kabupaten Jombang yang telah mewakili Jawa Timur dalam perlombaan masak kali ini. Terima kasih atas seluruh kerja keras bersama yang berhasil membawa kita menjadi juara Favorit 1,” tutur Arumi Bachsin.

Selain kepada 3 kabupaten yang mewakili Jatim, Arumi juga menyampaikan terimakasih dan apresiasinya kepada seluruh Ketua Forikan, TP PKK dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) yang ada di Kabupaten/Kota.

Sementara itu Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang Yayuk Sugiat, yang hadir bersama Kepala Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang Nur Kamalia, serta Pokja III TP. PKK Kabupaten Jombang pada Rapat Koordinasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN), dan berpartisipasi dalam Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Nasional yang berlangsung mulai 19-21 November 2023, di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat itu juga mengucapkan rasa syukur, sekaligus terima kasih atas kesempatan juga kepercayaan yang diberikan oleh Ketua Forikan Jatim, kepada Kabupaten Jombang yang berkolaborasi dengan Kabupaten Nganjuk dan Kota Blitar sehingga dapat Juara Favorit 1.

Yayuk Sugiat mengytakan, suatu kehormatan dan menjadi  kebanggaan bagi Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang dapat turut ambil bagian dalam menghantarkan Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan berhasil meraih juara favorit 1 dalam ajang lomba masak serba ikan tingkat nasional pada peringatan Harkannas Tahun 2023 di Lapangan Banteng.

“Alhamdulillah, Saya sampaikan terima kasih kepada Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak yang memberikan kesempatan kepada kami untuk ambil bagian, berkolaborasi mengikuti Lomba Masak Olahan Ikan. Semoga prestasi ini terus memotivasi kami untuk dapat membuat olahan serba ikan yang lebih kreatif dan inovatif lagi dan memberikan manfaat bagi masyarakat”, Ungkap Yayuk.

Sementara itu Nur Kamalia, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang juga mengapresiasi positif semangat peserta   lomba masak serba ikan perwakilan Jawa Timur.

“Kabupaten Jombang, Nganjuk dan Kota Blitar pada tahun 2022 memang Terbaik di Provinsi Jawa Timur, oleh karenanya tahun ini mewakili Provinsi Jawa Timur, dan berhasil menjadi Juara Favorit 1 Tingkat Nasional. Menu yang disajikan berbahan baku non beras, serba ikan. Semoga ini menjadi momentum dalam menumbuhkan semangat masyarakat untuk terus meningkatkan konsumsi ikan, dan berdampak penurunan kasus  stunting”, pungkas Nur Kamalia.***

Editor : WAHYU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!