godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , November 29 2020
Home / Hukrim / Lsm Arak : Ancaman Bupati Mojokerto MKP, Hanya ‘Omong Kosong’
BERSAKSI - Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasha, saat menjadi saksi dalam sidang dugaan kredit fiktif Bank Jatim dengan terdakwa Yudi Setiawan. Tahun 2014 lalu.

Lsm Arak : Ancaman Bupati Mojokerto MKP, Hanya ‘Omong Kosong’

MOJOKERTO (NusantaraPosOnline.Com)- Koordinator Lsm Aliansi rakyat anti koropsi (Lsm Arak), Safri nawawi, SH, menyebut ancaman Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa  (MKP) yang mengancam akan menuntut  Carolina Gunadi , dan Yudi Setiawan, karena diangap mencemarkan nama baik MKP. Ternyata ancaman tersebut hanya omong kosong.

Carolina Gunadi , dan Yudi Setiawan, adalah terpidana kasus korupsi kredit fiktif senilai Rp 52,3 Bank Jatim cabang HR Muhammad Surabaya.

Carolina Gunadi

Saya masih ingat betul, dengan ucapan Bupati MKP, yang disampaikan dalam jumpa pers di rumah dinasnya yaitu di Pendopo Kabupaten Mojokerto, Jl. A. Yani No. 16, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Selasa (19/11/2013) sore. Intinya MKP, membantah disebut telah menerima aliran dana sebesar Rp 5,5 milyar, dari  hasil korupsi kasus kredit fiktif Bank Jatim cabang HR Muhammad Surabaya. Dari Carolina Gunadi , danYudi Setiawan.

“Dalam jumpa pers di Pendopo tersebut, dihadapan para wartawan Bupati MKP dengan tegas, mengatakan : Saya (Bupati MKP), akan akan tuntut karena ini pencemaran nama baik. pernyatan itu di sampaikan Bupati MKP, pada Selasa (19/11/2013) soreh. Tapi ternyata ancaman tersebut cuman gertak sambel. Sampai hari ini Bupati MKP, belum menuntut Carolina Gunadi , dan Yudi Setiawan.” Kata Safri. Senin (2/4/2017).

Masih menurut Safri, Bupati MKP, ini kan orang berduit, dan menempati posisi jabatan orang nomer 1 di Kabupaten Mojokerto. Kalau memang ia tidak menerima aliran dana hasil koropsi kredit fiktif Bank Jatim, dari  terpidana Carolina Gunadi , dan Yudi Setiawan. Menurut Saya, MKP harus betul-betul menutut Carolina Gunadi , dan Yudi Setiawan. Yang jadi pertanyan kenapa sejak November 2013 lalu, sampai hari ini ancaman bupati MKP akan menuntut, hanya omong kosang.

Yudi Setiawan

“Tentunya rakyat akan bertanya-tanya ini yang benar Bupati MKP, atau tudingan Carolina Gunadi, dan Yudi Setiawan, yang benar.” Kata Safri.

Sebagai informasi, kasus korupsi pembobolan Bank Jatim sebesar Rp 52,3 miliar ini, ditangani Mabes Polri langsung.

Dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya, dengan berapi-api, Carolina Gunadi , dan Yudi Setiawan, menyebut bahwa bupati MKP ikut kecipratan uang Rp 5,5 milyar, hasil korupsi kasus kredit fiktif Bank Jatim cabang HR Muhammad Surabaya. Namun hal tersebut dalam persidangan, sebagai saksi Bupati MKP, juga membatah telah menerima uang dari  Carolina Gunadi , dan Yudi Setiawan.

Carolina Gunadi dibekuk Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri pada Februari 2013 lalu.  Namun, dia resmi menjalani penahanan pada 27 Februari 2013. Pada Kamis (16/1/2014),  Pengadilan Tipikor Surabaya, menjatuhkan vonis kepada Carolina Gunadi, dengan hukuman pidana enam tahun, denda Rp 400 juta subsidair empat bulan. Dan diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 184,957 juta dimana setelah 1 bulan keputusan inkracht harta bisa disita dan kalau tak memiliki harta maka dikenai hukuman tujuh bulan.

Carolina dijerat Pasal 2 Ayat (1) UU No 20/2001 tentang Tipikor, Jo 3 UU No 8/2010 tentang money laundry. Carolina disebut-sebut menjadi salah satu dalang di balik suksesnya pengajuan kredit fiktif di Bank Jatim. Ia diketahui membawa dua CV untuk membantu Yudi yang saat itu masih menjadi suaminya, guna menjadi penjamin pengajuan kredit senilai Rp 52,3 miliar di Bank Jatim Cabang Jl HR Muhammad Surabaya.

Sedangkan Yudi Setiawan, yang merupakan direktur PT Cipta Inti Parmindo, dijatuhi vonis 17 tahun (204 bulan) penjara, oleh majlis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. Pada Selasa (23/9/2014) yang lalu. Pengusaha asal Klampis Surabaya itu dinilai terbukti menjadi otak pemembobol Bank Jatim Rp 52,3 miliar.

Bupati Mojokerto MKP, sempat menjalani sidang, sebagi saksi dalam sidang dugaan kredit fiktif Bank Jatim dengan terdakwa Carolina Gunadi, dan Yudi Setiawan. (Rurin/rianto) 

Check Also

Kades Krembung Sidoarjo Dijempu Paksa Polisi, Terkait Kasus Tanah

SIDOARJO, NusantaraPosOnline.Com-Kepala Desa (Kades) Krembung, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dijemput paksa oleh tim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!