godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Desember 1 2020
Home / Daerah / Mobil Texi, Transportasi Unik Yang Ada Dikabupaten Muara Enim
Mobil Taxi Muara enim, yang menyimpan banyak kisah, sudah banyak mengantarkan pemuda-pemudi dari desa untuk menggapai cita-cita. Nampak Cewek Muara enim, naik mobil Taxi

Mobil Texi, Transportasi Unik Yang Ada Dikabupaten Muara Enim

MUARA ENIM, NusantaraPosOnline.Com-Mendengar namanya mungkin anda akan berfikir bahwa Mobil Texi ini adalah jenis mobil-mobil sedan yang biasa dijadikan angkutan umum di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Bukan, tapi Mobil Texi yang dimaksud adalah kendaraan umum unik modifan pick up khas di Kabupaen Muara enim, Sumatra selatan.

Pelajar naik mobil Taxi

Mobil Texi ini awalnya mulai dikenal dan beroperasi mungkin sekitar awal tahun 1980-an, saat itu menggunakan mobil kecil dengan mesin 500 cc berkapasitas penumpang sebanyak 11 orang. Namun di pertengahan tahun 1980-an angkutan Mobil Texi ini mulai trend menggunakan mobil jenis Hijet-55 dengan kapasitas mesin 550 cc dengan bentuk serta kapasitas angkut penumpang lebih besar, yaitu kisaran sebanyak 14 orang. Pada era berikutnya, angkutan Mobil Texi mulai menggunakan mobil Hijet 1000, Cery Futura pick up, atau Suzuki cery, L 300 yang bisa menampung penumpang lebih banyak.

Pertaruhkan nyawa pelajar naik mobil Taxi

Mobil Texi  modifan pick up, di Kabupaten Muara enim ini biasanya melayani trayek Muara enim-Gunung megang, dan melayani trayek Muara enim – Lahat, dan  Muara enim Ujan mas.

Supir dan penumpang pada kendaraan ini dibatasi oleh kaca mobil belakang supir, apabila penumpang hendak turun biasanya mengetuk kaca yang ada dibelakang supir, atau memukul bagian tendah belakang dengan tangan, sambil bilang “Minggirr Mang” atau “Kiri-Kiri Mang” maka supir menghentikan mobil Texi nya.

Mobil Taxi yang ringsek akibat mengalami kecelakaan lalulintas

Tapi ada juga mobil Texi  dilengkapi bel, penumpang cukup menekan tombol bel di dekat pintu belakang, maka mamang supir akan berhenti. (Jun)

Check Also

Hamili Janda, Perangkat Desa Di Ponorogo Didemo Warganya

PONOROGO, NusantaraPosOnline.Com-Ratusan wargadi Desa Purwosari Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo, melakukan aksi demonstrasi di halaman kantor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!