Ruwet, Dana Proyek Irigasi Desa Watugaluh Jombang Sudah Cair April 2022, Sekarang Belum Dikerjakan

Iinfografis : Proyek Irigasi Desa Watugaluh Kec Diwek Kab Jombang. Dana Sudah Cair April 2022, Sekarang 26 Nop 2022 Belum Dikerjakan.

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Dana Proyek pekerjaan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (Jitut) Pemerintah Desa Watugaluh Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa timur, diduga diselewengkan oleh Kepala desa (Kades) setempat.

Pasalnya sampai hari ini Jumat 25 November 2022 proyek senilai Rp 99.400.000 yang berasal dari bantuan program Jombang Berkadang (Berkarakter dan berdaya saing) dari APBD Jombang TA 2022. Belum dikerjakan oleh Kades Watugaluh. Padahal dana proyek irigasi itu, sudah dicairkan oleh Kades sejak April 2022 silam.

Sehingga dana proyek tersebut diduga sudah digunakan uantuk kepentingan pribadi Kades Setempat. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan warga bahkan Camat setempat sudah beberapa kali mempertanyakan terkait kejelasan, kapan proyek akan dikerjakan oleh Kades Watugaluh.

BACA JUGA :

Menurut salah seorang tokoh masyarakat setempat yang namanya tak mau disebutkan, mengatakan bahwa setelah didesak oleh BPD, Kades Watugaluh Feryanto, pada tanggal 2 Agustus 2022 pernah membuat surat pernyataan, yang intinya Kades Watugaluh Feryanto berjanji akan mengerjakan proyek Jitut itu pada 10 Agustus 2022. Tapi kenyataanya sampai sekarang tidak ia (Kades) kerjakan.

“Dana proyek Rp 99.400.000 sudah dicairkan Kades bulan April 2022 silam, tepatnya bulan puasa, menjelang Idul Fitri 1443 H tahun 2022. Namun, proyek sampai hari ini tak Kunjung dikerjakan.” Ujanya kepada nusantaraposonline.com. Kamis (24/11/2022) sembari, menunjukan surat pernyataan yang dibuat Kades Watugaluh.

Surat penyataan Kades Watugaluh Feryanto, sangup melaksanakan proyek irigasi pada tanggal 10 Agustus 2022. FOTO : Dok BPD Desa Watugaluh

Bahkan janjinya (Kades) akan mengerjakan tanggal 10 Agustus 2022, juga tidak ia ditepati. Camat Diwek juga sudah beberapa kali memperingatkan Kades, namun tak diangap. Dana proyek ini, diduga sudah terpakai atau digunakan untuk kepentingan pribadi oleh Kades, sehingga proyek ini belum dikerjakan. Imbuhnya.

Terkait hal ini Camat Diwek Agus Sholahudin membenarkan bahwa proyek program Jitut desa Watugaluh tersebut belum dikerjakan. Ia mengatakan, bahwa pihaknya sudah berusaha memperingatkan Kades. “Yang bersangkutan sudah kami peringatkan, namun tidak digubris. Jadi kami sudah berusaha menegor Kades yang bersangkutan.” Kata Agus.

Saat disingung soal surat pernyataan yang dibuat Kades Watugaluh, yang berjanji akan mengerjakan proyek pada 10 Agustus 2022. “Benar Kades sudah buat surat pernyataan, namun proyek Jitut itu sampai sekarang belum dikerjakan.” Singkat Agus.

Diberitakan sebelumnya, BPD Desa Watugaluh, H Riono menyebutkan bahwa dana proyek Irigasi Tingkat Usaha Tani (Jitut) sebesar Rp 99,400 juta, sudah di cairkan bulan puasa Ramadan yakni sekitar bulan April 2022 lalu. Namun hingga kini proyek belum dikerjakan oleh Kades Watugaluh.

“BPD sudah beberapa kali mempertanyakan kepada Kades Watugaluh. Bahkan setelah didesak pada 2 Agustus 2022 lalu Kades Watugaluh Feryanto, sudah membuat surat pernyataan, bahwa ia (Kades) sangup dan akan mengerjakan proyek program Jitut, pada 10 Agustus 2022. Namun buktinya sampai sekarang, belum dikerjakan sama sekali.” Kata Riono. Senin (14/11/2022).

Menurut Riono, saat Kades Membuat pernyataan dilakukan di kantor desa, dengan disaksikan perangkat, dan BPD.

“Saya sudah berusaha menanyakan kepada Kades, saya datangi kekantor desa namun orangnya (Kades) jarang ngantor di dikantor desa.” Terang Riono.

Kades Watugaluh Feryanto, saat dimintai konfirmasi ia membenarkan bahwa proyek Jitut tahun 2022 ini belum dikerjakan. “Proyek Jitut 2022 akan dikerjakan dan diselesaikan pada Desember 2022 nanti.” Ujarnya melalui sambungan telpon. (Why)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!