godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Selasa , Oktober 26 2021
Home / Nasional / TWK Banyak Kejanggalan, Pegawai KPK : TWK Pegawai KPK Tak Ada Dasar Hukum

TWK Banyak Kejanggalan, Pegawai KPK : TWK Pegawai KPK Tak Ada Dasar Hukum

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novariza berpendapat bahwa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) tidak memiliki dasar hukum.

Menurut Nova, Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 30 Tahun 2020 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi tidak mengatur tentang Tes Wawasan Kebangsaan.

Pegawai KPK yang sudah bekerja di lembaga anti rasuah sejak 2007 , ia menegaskan, UU Nomor 19 tahun 2019 itu mengatur pegawai KPK sebagai ASN (pasal 1 nomor 6) dan penyelidik, penyidik dan pegawai KPK yang belum berstatus sebagai pegawai KPK dapat diangkat menjadi pegawai ASN (pasal 69B dan 69C).

“Maka pegawai KPK itu dinyatakan pegawai ASN dan sama sekali tidak disebut-sebut dalam UU nomer 19 tahun 2019 ini bahwa harus ada Tes Wawasan Kebangsaan,” kata Nova dalam webinar bertajuk “Integritas, Pelemahan KPK dan Negara Hukum Indonesia” pada Selasa (1/6/2021).

Nova juga menyebutkan bahwa UU Nomor 19 tahun 2019 ini diturunkan ke Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi ASN. Menurutnya, Tes Wawasan Kebangsaan juga tidak dibahas dalam PP ini.

PP Nomor 41 tahun 2020 ini mengatur syarat-syarat pengalihan menjadi ASN yang terdapat pada pasal 3, tahap pengalihan pada pasal 4, dan pelaksanaan pengalihan di pasal 6. Jadi Tes Wawasan Kebangsaan juga tidak diperintahkan di UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Novan juga mernyebutkan, pembahasan tentang Tes Wawasan Kebangsaan ini tidak melibatkan pegawai KPK. Tes ini menggunakan Indeks Moderasi Bernegara (IMB) yang tidak ditemukan ketika dicari. “Kita coba cari di internet ternyata tidak ada contoh-contoh dari IMB ini sehingga kami juga tidak punya gambaran dan tidak punya persiapan pada saat itu,” ujar Nova Pengurus Wadah Pegawai KPK.

Sebanyak 75 pegawai KPK dinyatakan tidak lulus TWK.  Sejumlah 51 orang dari jumlah itu dinyatakan diberhentikan. Sedangkan 24 pegawai lainnya masih dimungkinkan untuk dilakukan pembinaan. Pegawai KPK harus lolos TWK untuk menjadi ASN. 

TWK ini menjadi sorotan karena dianggap sebagai alat untuk menyingkirkan orang-orang yang berintegritas dalam memberantas korupsi. Dan soal TWK pegawai KPK tersebut dianggap janggal oleh berbagai kalangan. (*)

Check Also

Tol Bisa Dibeli Swasta Rezem Dianggab Hanya ‘Mandor’ Dan Tukang ‘Gebuk’ Ini Kata Pengamat

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Kebijakan pemerintah Jokowi terkaitinfrastruktur jalan tol yang dijual ke pihak swasta. Mendapat sorotan miring …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!