godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Oktober 16 2021
Home / Investigasi / Akhirnya DPRD Blitar Baru Bentuk Pansus Pencemaran Limbah PT Greenfields
DPRD Kabupaten Blitar akhirnya baru bentuk Pansus, terkait kasus pencemaran lingkungan limbah kotoran sapi milik PT Greenfields Indonesia. Foto : Istimewah.

Akhirnya DPRD Blitar Baru Bentuk Pansus Pencemaran Limbah PT Greenfields

BLITAR, NusantaraPosOnline.Com-Setelah melalui proses yang panjang akhirnya DPRD Kabupaten Blitar, akhirnya baru membentuk panitia khusus (Pansus) terkait, dugaan pencemaran limbah dari peternakan sapi milik PT Greenfields Indonesia. Dan kasus tersebut, saat ini juga digugat warga terdampak pencemaran.

Lima fraksi di lembaga legislatif Kabupaten Blitar tersebut, akhirnya bersuara bulat. Termasuk Fraksi PDI Perjuangan yang sejak awal penolakan Pansus Greenfields juga akhirnya bersepakat.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kabupaten Blitar, Andi Widodo, Pansus  Greenfields tidak membahas soal persoalan pencemaran limbah. Tapi juga berbicara mengenai investasi yang bermanfaat. “Hal ini dilakukan suapaya investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Blitar dapat menyesuaikan aturan dan memberikan dampak positif,” Kata Andi, Kamis (7/10/2021).

Adapun lima fraksi di DPRD Kabupaten Blitar, yang bersuara bulat untuk membentuk  Pansus Greenfields, yakni F-PDIP, -PKB, F-PAN, F Gerakan Pembangunan Nasional, dan F-Golkar-Demokrat.

Pembentukan Pansus Greenfields ini akan melalui Rapat Paripurna Khusus. Sebanyak 49 orang legislatif dari 50 legislatif hadir dalam rapat. Mewakili masing-masing fraksi mereka menyampaikan pendapat sekaligus persetujuannya.

Dalam Rapat Paripurna Khusus yang dihadiri 27 anggota dewan selaku perwakilan fraksi, banyak membahas masalah pencemaran limbah dan keluhan masyarakat.

Menurut Candra Purnama dari FPKB selaku perwakilan pengusul Pansus Greenfields menyebutkan, keberadaan investasi harusnya berkontribusi positif bagi ekonomi daerah. Terutama terkait CSR dan PAD serta kerjasama yang naik dengan masyarakat sekitar. Pungkasnya.

Sedangkan masa kerja Pansus Greenfields 1-6 bulan. Dan hasil pansus bisa ini nantinya berupa rekomendasi, atau bisa juga berupa usulan Perda Investasi.

Selanjutnya, secara tekhnis legislatif akan menunjuk anggota dewan yang akan masuk dalam anggota Pansus. “Dengan disahkannya Pansus Greenfields, hal itu memperlihatkan kekompakan legislatif dan eksekutif dalam menangani polemik PT Greenfields Indonesia.”  

Sementara iti Wasis Kunto Atmojo Hal juru bicara F GPN menyebutkan, bahwa Fraksinya sepakat adanya Pansus Greenfields agar bisa menuntaskan persoalan pencemaran limbah yang berlarut-larut. Bahkan, secara pribadi Wasis sepakat jika PT Greenfields Indonesia ditutup saja karena limbahnya telah mencemari lingkungan dan merugikan masyarakat.

“Buktinya sampai ada gugatan Class Action dari warga setempat yang merasa dirugikan atas keberadan PT Greenfields Indonesia,” kata Wasis.

Menangapi hal tersebut perwakilan  PT Greenfields Sutrisno Lede, mengatakan, bahwa tidak ada lagi pembuangan limbah kotoran sapi ke sungai.

Sebelumnya PT Greenfields diduga mengalirkan limbah kotoran sapi ke sungai, membuat air sungai kotor dan bau busuk. Hal ini menyebabkan ikan-ikan juga banyak yang mati. Termasuk ikan di kolam milik warga yang airnya berasal dari sungai. Dan persoalan limbah ini sudah berlasung lama Sejak PT Greenfields mengembangkan investasi peternakan sapi perah di wilayah Kecamatan Wlingi pada tahun 2018, dan masalah ini berlarut-larut.  

Polemik soal limbah kotoran sapi terus terjadi. Sementara Sutrisno juga mengaku, saat ini pihaknya terus berusaha memperbaiki pengolahan limbah. “Sudah tidak ada pembuangan limbah ke sungai,” katanya. (Shd)

Check Also

Astaga, Kantongi Uang Proyek Kakus Jombang Berkadang, Kades Di Jombang Dipolisikan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Kepala Desa Kauman, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Riyanto, dilaporkan ke Polres Jombang, Mad Iskak, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!