godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Sabtu , Januari 16 2021
Home / Hukrim / Kejari Tanjung Perak Tahan Dua Pegawai Kemenhub, Terkait Dugaan Korupsi Proyek Gedung PLP
KEMENHUB RI : Inilah hasil pembahasan angaran di lingkungan kantor Kemenhub RI Tahun angaran 2012 lalu

Kejari Tanjung Perak Tahan Dua Pegawai Kemenhub, Terkait Dugaan Korupsi Proyek Gedung PLP

SURABAYA (NusantaraPosOnline.Com)-Penyidik Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari), Tanjung Perak berhasil membongkar praktek dugaan korupsi pada proye pembangunan Gedung Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) di Dermaga Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

KEMENHUB RI : Pembangunan tahap I, gedung kantor Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Perak, Surabaya, tepatnya berada di Dermaga Nilam Barat, yang dibiayai dari APBN tahun 2012 sebesar Rp 3.950.000.000.

Proyek tersebut dibiayai dari Derjen perhubungan laut, Kementerian Perhubungan, yang berasal dari APBN tahun 2012 senilai Rp 3.950.000.000 itu diduga menyimpang dari spesifikasi yang ada.

Dalam kasus ini, penyidik Pidsus Kejari Surabaya telah menetapkan dua orang tersangka. Yaitu mantan Kepala Kantor Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Tanjung Perak beinisial S, dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada kegiatan pembangunan proyek tersebut berinisial B.

“Kedua tersangka berinisial B dan S sudah kami tahan di Rumah tahanan Medaeng,” Kata Kasintel Kejari Tanjung Perak, Lingga Nurie. Jumat (5/5/2017).

Menurutnya, meski kita telah telah menetapakan dua orang tersangka dan telah melakukan penahanan, Namun pihaknya belum bisa menghitung secara detail berapa nilai kerugian dalam pembangunan gedung PLP tersebut.

“Secara pasti kami masih melakukan penghitungan kerugian negaranya, tapi dari tafsiran awal, terdapat kerugian Negara kisaran Rp 400 jutaan,” Tambah Lingga.

Untuk mengungkap dugaan korupsi di tubuh Kementrian Perhubungan cukup cepat. Penyidik bekerja ekstra keras selama tiga bulan untuk membongkar kasus ini.

“Proses penyelidikan mulai Februari, lalu Maret ditingkatkan statusnya menjadi Penyidikan. Awal Mei kami sudah menetapkan tersangka,” terangnya.

Kapan persoalan ini akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor?

“Saat ini penyidik terus memeriksa dan mendalami kasus ini. Penahanan yang kami lakukan untuk mempermudah jalannya pemeriksaan,” Kata Lingga. (jun)

Check Also

Kejari Tahan Mantan Ketua KONI Jombang Tanpa Borgol Dan Rompi Tahanan

JOMBANG, NusantaraPosOnline.Com-Tim penyididik Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang, hari ini Jum’at (8/1/2021) siang. Melakukan  penahanan, terhadap  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!