godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Februari 16 2020
Home / Peristiwa / Tercemar Limbah, Air Selokan Roomo Manyar Berubah Jadi Oranye

Tercemar Limbah, Air Selokan Roomo Manyar Berubah Jadi Oranye

GRESIK, NusantaraPosOnline.Com-Warga Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik dikagetkan dengan selokan air yang berlokasi di pemukiman mereka kerap berubah-ubah warna menjadi merah. Warga menduga selokan mereka tercemar dari limbah bahaya salah satu perusahaan yang berada di hulu aliran air.

Pantauan lapangan, selokan itu mengalir dari lokasi kawasan industri hingga Jalan Bali Perum GKB. Air itu berwarna oranye seperti pewarna kain.

Menurut Herman, salah seorang warga, mengatakan berubahnya warna air disebabkan adanya zat pewarna yang mengalir ke selokan tersebut membuat warga resah. Bagaimana tidak, sepanjang selokan berwarna oranye.

“Warga resah, karena hawatir nanti ada zat yang berbahaya berdampak kepada kesehatan warga,” kata Herman di lokasi tumpahnya pewarna pupuk itu, Kamis (30/1/2020).

Menurut dia, air selokan sudah berganti warna sekitar pukul 14.00 WIB. Kondisi hujan sehingga pewarna itu cepat mengaliri dan menyebar di selokan.

“Setelah tahu tercemar, waraga banyak yang langsung cari tahu penyebannya. Dengan cara menelusuri sepanjang selokan ternyata berasal dari PT PCS (PT Petrokopindo Citra Selaras, red),” Kata Herman.

Terkait hal tersebut, Direktur Operasional PT Petrokopindo Citra Selaras (PCS), Mardada menyebutkan bahwa pewarna yang mengaliri diselokan itu merupakan sisa atau bekas pakai. “Yang sudah habis ditempatkan di pojokan gudang,” Kata Mardada.

Karena sekarang kondisinya musim hujan, sehingga air masuk lagi ke dalam drum dan membuat cairan di dalamnya tumpah. Selain itu, ada dugaan tumpahnya cairan itu akibat tersenggol. Karena di luar jam kerja, tidak ada orang di lokasi.

“Mungkin ada satu atau dua drum. Dan ini saya jamin tidak berbahaya,” Imbuh Mardada saat di area pabrik, Kamis (30/1/2020) petang. (Ags)

Check Also

Bus Rombongan Guru TK Terjun Ke Jurang Di Blitar, 4 Orang Tewas

BLITAR, NusantaraPosOnline.Com-Bus Fabian Anugrah Trans dengan nopol AG 7555 UR yang membawa rombongan para guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *