godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Oktober 24 2021
Home / Nasional / Diskon Tercela Untuk Ibu Jaksa, ICW : Kasus Jaksa Pinangki Hanya Dagelan
Penampakan wajah ibu Jaksa Pinangki Sirna Malasari, terpidana kasus suap pengurusan fatwa bebas Mahkamah agung (MA) untuk terpidana kasus cassie Bank Bali, Djoko S Tjandra.

Diskon Tercela Untuk Ibu Jaksa, ICW : Kasus Jaksa Pinangki Hanya Dagelan

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Indonesia Corruption Watch (ICW) mengucapkan selamat kepada ST Burhanudin selaku Jaksa Agung dan jajarannya di Kejaksaan Agung (Kejagung) karena telah berusaha mati-matian berhasil mempertahankan diskon tercela atas vonis ringan kepada mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari, dalam kasus suap pengurusan fatwa bebas Mahkamah agung (MA) untuk terpidana kasus cassie Bank Bali, Djoko S Tjandra.

Tidak hanya itu, Mahkamah Agung (MA) juga dinilai ICW telah sukses pula menorehkan noktah hitam dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Sebab, penegak hukum yang mestinya diganjar hukuman maksimal, namun hanya divonis 4 tahun penjara,” kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangan persnya, Senin (5/7/2021).

Bagi ICW, lanjut Kurnia, seluruh penanganan korupsi suap, pencucian uang, dan permufakatan jahat Pinangki hanya dagelan semata. Betapa tidak, begitu banyak celah-celah yang tak mau dibongkar oleh Kejagung.

“Satu di antaranya : dugaan keterlibatan pejabat tinggi di instansi penegak hukum yang menjamin Pinangki untuk dapat bertemu dengan Joko S Tjandra,” kata Kurnia.

“Selain itu, dalam proses hukum ini pula publik bisa melihat betapa KPK melakukan pembiaran atas penanganan perkara yang penuh dengan konflik kepentingan,” tambah dia.

Diketahui, Kejagung memastikan tak mengajukan kasasi perkara terdakwa Pinangki Sirna Malasari. Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Pusat Riono Budisantoso mengatakan, tim penuntutan sudah mengkaji masalah hukum dan menyatakan tak lagi perlu mengajukan upaya hukum luar biasa ke Mahkamah Agung (MA), untuk melawan putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta yang mengurangi masa hukuman terhadap mantan jaksa tersebut.

“JPU (Jaksa Penuntut Umum), memastikan tidak mengajukan permohonan kasasi ke MA, karena  tuntutan JPU telah dipenuhi dalam putusan PT,” kata Riono, Senin (5/7/2021).

Dengan demikian, Kejaksaan menerima hukuman Pinangki meski dipotong menjadi 4 tahun penjara. Padahal desakan untuk mengajukan kasasi terkait vonis rendah terhadap Pinangki sangat deras, tetapi sayangnya Kejaksaan tak melakukan jalur kasasi.

Untuk diketahui Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta sebelumnya memotong hukuman Jaksa Pinangki Sirna Malasari, menjadi 4 tahun penjara. Padahal pengadilan tingkat pertama, pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Pinangki divonis hukuman 10 tahun penjara.

“Menerima permintaan banding dari Terdakwa dan Penuntut Umum, Mengubah Putusan PT Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tanggal 8 Februari 2021 Nomor 38/Pid.Sus-TPK/2020/PN Jkt.Pst yang dimintakan banding tersebut sekedar mengenai pidana penjara yang dijatuhkan terhadap Terdakwa Pinangki,” Sebagaimana dikutip dalam salinan putusan yang diterbitkan Mahkamah Agung (MA) Senin (14/6/2021).

“Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa tersebut, oleh karena itu dengan pidana penjara selama 4 tahun dan denda sebesar Rp 600 juta, dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan,” sambungnya.

Perkara ini diadili pada tingkat banding oleh Ketua Majelis HakimMuhammad Yusuf, dengan hakim anggota Haryono, Singgih Budi Prakoso, Lafat Akbar, dan Renny Halida Ilham Malik pada 14 Juni 2021 lalu.

Dalam salinan putusan, PT DKI Jakarta menilai hukuman 10 tahun penjara terhadap jaksa Pinangki yang dijatuhkan oleh PN Tipikor Jakarta terlalu berat. Karena itu, hakim tingkat banding memberikan diskon hukuman dengan dalih hukuman terhadap Pinangki terlalu berat. (Bd)

Check Also

Tol Bisa Dibeli Swasta Rezem Dianggab Hanya ‘Mandor’ Dan Tukang ‘Gebuk’ Ini Kata Pengamat

JAKARTA, NusantaraPosOnline.Com-Kebijakan pemerintah Jokowi terkaitinfrastruktur jalan tol yang dijual ke pihak swasta. Mendapat sorotan miring …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!