godaddy

pizzahut

bluehost

shopclues

bookmyshow

globalnin.com

Minggu , Mei 16 2021
Home / Hukrim / PPK Dan Kadis PU Tata Ruang Ketapang Ditahan Kejati Kalbar, Terkait Korupsi Jalan
Liama tersangka kasus dugan korupsi proyek peningkatan jalan Simpang Dua Perawas pada Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Ketapang

PPK Dan Kadis PU Tata Ruang Ketapang Ditahan Kejati Kalbar, Terkait Korupsi Jalan

KETAPANG, NusantaraPosOnline.Com-Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat (Kalbar) menahan 5 orang tersangka kasus dugan korupsi proyek peningkatan jalan Simpang Dua Perawas pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang Kabupaten Ketapang tahun anggaran 2017.

Dari lima orang tersangka tersebut, dua orang adalah pejabat Dinas PU dan Tata ruang Kabupaten Ketapang, berinisial MUL selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK); dan EK selaku Kepala Dinas (Kadis) PU dan Tata ruang.

Selanjutnya tiga dari pihak suwasta, berinisial ES selaku Direktur PT Sabarindo Cipta Anugerah;  AMselaku Direktur Sumisu; dan HM SelakuKonsultan Pengawas.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Barat Masyhudi mengatakan terungkapnya kasus korupsi pada pekerjaan peningkatan jalan Simpang Dua Perawas Pada Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Ketapang TA 2017 berawal dari adanya laporan masyarakat.

“Proyek peningkatan jalan Simpang Dua Perawas pada Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Ketapang, dengan nilai kontrak Rp11 miliar dan setelah dilakukan penyidikan ditemukan ada kerugian negara sebesar Rp236 juta,” Kata Masyhudi. Senin (15/2).

Masyhudi membeberkan, modus operandi dari kasus tindak pidana korupsi tersebut para pelaku melaksanakan kegiatan tidak sesuai spek dan dilakukan mark-up. Hal ini kemudian mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp237 juta.

“Lima tersangka mulai hari ini Senin 15 Februari 2021 akan dilakukan penahanan selama 20 hari kedepan, di rumah tahanan negara di Pontianak di Jalan Sungai Raya Dalam,” Ujarnya.

Lima tersangka korupsi ini disangkakan melanggar Pasal 2 dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 33 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korups dengan ancaman hukuman 4 hingga 20 tahun penjara.

Check Also

Bupati Nganjuk Ditangkap Usai Shooting Vidio Wisata Seni Dan Budaya

NGANJUK, NusantaraPosOnline.Com-Bareskrim Mabes Polri pada Senin petang (10/5/2021) telah menetapkan Bupati Nganjuk, Jawa timur, Novi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!