Hukrim  

Korupsi Dana Pengisian Perangkat Desa, Eks Kades Tambakromo Pati Ditangkap

Mantan Kades Tambakromo SY (tengah) yang menjadi tersangka dalam perkara dugaan korupsi dana seleksi perangkat desa tahun 2016.

PATI, NusantaraPosOnline.Com-Mantan Kades Tambakromo Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa tengah, berinisial SY (58) ditangkap polisi.

SY ditangkap jajaran Polres Pati, karena diduga melakukan penyelewengan dana seleksi perangkat desa Tambakromo tahun 2016, sebesar Rp 200,132 juta.

Kasat Reskrim Polres Pati, Kompol Onkoseno Grandiarso Sukahar mengatakan, pada 9 Januari 2016 Pemdes Tambakromo melaksanakan pengisian perangkat desa untuk beberapa formasi jabatan, yakni Kasi Pemerintahan, Kaur Keuangan, Kasi Kesra, Staf Seksi Pembangunan, dan Staf Kadus.

BACA JUGA :

“Dalam pelaksanaannya dibentuk panitia pengisian perangkat desa dan dibuatkan tata tertib pengisian perangkat Desa Tambakromo tahun 2016. Dalam rencana anggaran belanja (RAB) panitia pelaksanaan pengisian perangkat desa menetapkan biaya pendaftaran sebesar Rp 2 juta dan biaya pelaksanaan sebesar Rp 375 juta,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, seleksi pengisian Perangkat Desa Tambakromo tahun 2016 tersebut diikuti 7 orang. Sehingga dana pendaftaran dan dana untuk pelaksanaan pengisian perangkat desa terkumpul sebesar Rp 389 juta. Namun, uang yang terkumpul tersebut tidak dimasukan terlebih dulu ke kas desa atau pendapatan asli desa, tapi dikelola dan disimpan oleh bendahara panitia.

“Atas perintah tersangka yang waktu itu masih menjabat kepala desa, uang tersebut dibagi habis kepada panitia dan dalam pelaksanaan pembagian honor panitia tidak sesuai dengan rencana anggaran pelaksanaan yang sudah ditetapkan.” Ungkap Kasat Reskrim.

Ia menambahkan, setelah dilakukan audit penghitungan kerugian keuangan negara sebesar Rp 200,132 juta, dan tersangka tidak bisa mempertanggungjawabkan penggunaan uang tersebut.

Atas perbuatannya itu, tersangka SY dijerat pasal 2 ayat (1), dan Subsider pasal 3 Undang-undang RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.***

Editor : AGUS. W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!